Zoom Meeting – Realisasi Investasi Triwulan III 2020

Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Imam Soejoedi yakin target realisasi investasi tahun ini Rp 817,2 triliun dapat tercapai meski triwulan II 2020 realisasi investasi terkontraksi 4,3 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Nilai investasi pada triwulan III akan naik karena ekonomi sudah mulai berjalan.

Diharapkan pelaku usaha segera menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Triwulan III secara daring melalui portal lkpmonline.bkpm.go.id atau oss.go.id. Jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan investor belum juga memenuhi kewajibannya, maka BKPM akan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin yang telah diberikan.

Ketentuan pelaporan ini diatur dalam UU Penanaman Modal dan Peraturan BKPM Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal. Kedua beleid menyebutkan bahwa pelaku usaha diwajibkan membuat LKPM dan menyampaikannya ke BKPM. Seluruh pelaku usaha wajib menyampaikan LKPM. Pengecualian untuk perusahaan di bidang jasa keuangan dan migas, serta perusahaan yang izin penanaman modalnya sudah tidak aktif (termasuk Izin Prinsip (IP), Pendaftaran Penanaman Modal (PI), dan/atau Izin Usaha).

LKPM ini sangat penting untuk melihat potret nilai kemajuan realisasi investasi perusahaan dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu, juga untuk memberikan ruang bagi perusahaan apabila ada permasalahan dan kendala dihadapi perusahaan dalam pelaksanaan proyeknya di lapangan.