Evaluasi Pelayanan Publik dari Kemenpan Reformasi Birokrasi

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi menerima kunjungan Tim dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia dalam rangka evaluasi Pelayanan Publik di Kota Cimahi. Tim diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Dr. Maria Fitriana, S.Sos., MM  dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Kota Cimahi Dra Hella Haerani di ruang rapat Kantor DPMPTSP.

Tim dari Kementrian PAN-RB berjumlah 5 orang yang akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap beberapa aspek-aspek pelayanan publik. Ketua Tim Evaluator Dr. H. ATENG KUSNANDAR ADISAPUTRA, S.H., M.M. dalam paparannya menyampaikan beberapa  hal yang melatarbelakangi diperlukannya evaluasi terhadap pelayanan publik diantaranya adalah masih banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat tentang penyelenggaraan pelayanan publik diantaranya pelayanan yang berbelit-belit, kurang informative, tidak ada kepastian pelayanan, tidak transparan, praktek KKN dan tidak konsistennya pelayanan. Harapan dari masyarakat tentunya adalah mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari segi waktu, biaya, transparansi maupun sarana-prasarana pelayanan.

Tujuan dilaksanakannya evaluasi ini adalah untuk melihat kepatuhan terhadap Undang Undang Pelayanan Publik, Melihat kepatuhan terhadap Undang Undang Pelayanan Publik, Melihat kepatuhan terhadap Undang Undang Pelayanan Publik dengan memegang prinsip keadilan,partisipasi, akuntabilitas,transparansi, berdayaguna dan aksesibilitas.

Hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2018 DPMPTSP Kota Cimahi masuk kedalam kategori B-, RSUD Cibabat kategori B dan Disdukcapil  kategori C sementara pada tahun 2019 mengalami kenaikan indeks , DPMPTSP masuk kategori B, RSUD kategori A dan Disdukcapil kategori B.

Tim dari Kementrian PAN-RB melakukan evaluasi terhadap berbagai aspek pelayanan mulai dari Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan pengaduan, Inovasi Sarana Prasarana dan inovasi yang telah dilakukan untuk peningkatan pelayanan publik. Tim akan melakukan verifikasi terhadap data yang telah diupload dengan kondisi dilapangan sehingga hasil evaluasi bisa lebih akurat.

Beberapa rekomendasi perbaikan pelayanan yang diberikan berdasarkan hasil evaluasi tahun 2019 telah dilakukan perbaikan beberapa aspek pelayanan, hal ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.