Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi

Profil Dinas

Salah satu tujuan pelaksanaan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan kemandirian daerah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kebijaksanaan otonomi daerah di bidang pembangunan memberi keleluasaan kepada daerah untuk mengatur dan mengelola pembangunan di daerahnya sendiri sesuai dengan kewenangannya, tanpa campur tangan dari Pemerintah Pusat. Namun, disisi lain, daerah dituntut untuk mampu mengatur dan mengelola daerahnya beserta segala potensinya secara optimal.

Berdasarkan hal tersebut pemerintah daerah diberi keleluasaan salah satunya untuk menyelenggarakan urusan pemerintah dalam hal ini urusan pemerintahan di bidang penanaman modal dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.Konsekuensi dari diberlakukannya peraturan tersebut perlu adanya organisasi perangkat daerah yang mengakomodir urusan pemerintahan di bidang penanaman modal. Maka dari itu setiap Kota/Kabupaten memiliki Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi terbentuk pada Tahun 2017 per tanggal 1 Januari, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Cimahi. Namun perangkat daerah yang menangani urusan penanaman modal ini telah terbentuk sejak tahun 2002. Sesuai dengan nama perangkat daerah, DPMPTSP menangani urusan penanaman modal yang didalamnya termasuk perizinan. Sehingga kegiatan kerja DPMPTSP merupakan kegiatan yang terkait investasi dan perizinan. Selama tahun 2017 DPMPTSP Kota Cimahi telah melakukan inovasi dalam pelayanan perizinan, sosialisasi terkait peraturan penanaman modal dan perizinan, pembuatan peta tematik terkait perizinan, dan kegiatan-kegiatan lain yang ditujukan untuk peningkatan pelayanan publik dan kinerja organisasi.

Buku Profil DPMPTSP tahun 2017 disusun untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan serta capaian-capaian yang telah diraih oleh DPMPTSP Kota Cimahi selama tahun 2017. Dengan Buku Profil DPMPTSP Tahun 2017 ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para stakeholder akan kinerja DPMPTSP Kota Cimahi pada tahun 2017.